Upacara Yadnya Kasada tahun 2012

Tanggal 3-4 Agustus kemarin telah berlangsung upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo, Probolinggo. Jawa Timur. Yadnya Kasada atau biasa juga disebut Kasodo ini digelar setiap hari ke-14 bulan Kasada dalam kalender tradisional Warga Tengger. Upacara ini sebagai simbol rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa) dan untuk memohon berkah serta keselamatan bagi seluruh Warga. Sebelum Kasada dilakukan beberapa warga di masing-masing desa sekitar kawasan gunung Bromo menyiapkan sesajen yang disebut Ongkek. Sesajen ini dirangkai sedemikian rupa berisikan hasil bumi berupa sayuran, buah, bunga, dan hewan ternak.


Upacara Kasada diawali dengan pengukuhan sesepuh Tengger dan pementasan Orkes Melayu (Dangdut) di Pendopo Agung Desa Wonokitri. Kemudian sekitar pukul 12 dini hari Ongkek-ongkek yang tadi telah dibuat akan dibawa bersama oleh para dukun dan warga dari masing-masing desa sekitar Bromo ke Pura Luhur Poten di kaki Gunung Bromo. Kemudian dilanjutkan dengan acara pelantikan dukun. 
Dukun bagi masyarakat Tengger merupakan pemimpin umat dalam bidang Adat, yang biasanya memimpin upacara-upacara ritual perkawinan, entas-entas dll yang berhubungan dengan Adat. Sebelum dilantik para dukun harus lulus ujian dengan cara menghafal dan membacakan mantra-mantra.


Setelah rangkaian acara di Pura Luhur Poten usai barulah semua Dukun dan warga berbondong menuju kawah Gunung Bromo lengkap dengan Ongkeknya masing-masing untuk dipersembahkan. Tapi yang menarik adalah sesajen ini tidak secara langsung jatuh ke kawah karen ada beberapa warga dari luar Tengger yang sudah bersiap-siap untuk menangkap sesajen yang dilemparkan. Tanpa rasa takut mereka sudah menghuni kawah sejak dini hari untuk mendapat tempat terbaik menangkap sesajen yang akan dilemparkan. Pelemparan sesajen ini terus berlangsung mulai pagi dini hari hingga siang hari.

4 comments:

  1. Selamat siang gan,,gan mau tanya ni anda kan warga tengger ya,,mungkin tau..kita mau naik ke semeru tapi ke ranu gumbolo aja gak sampai puncuk..rencana sabtu sore mau naik,,kira" klu naik agak malem di ijinkan mendaki apa gak ya gan??atau kalau tau jam pendakian sampai jam berapa?Makasih buanyak infonya..klu anda berkenan kirim info ke pono_sutejo@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  2. Maaf gan... q gak tau, tp coba nanti tak crikan informasi....
    Thamk's tas kunjunganya Gan....

    ReplyDelete
  3. wah infonya bagus sekali..
    tahun 2014 ini kasada tanggal 11-12 agustus ya?
    mau tanya acara intinya itu tgl 11 malam (bulan purnama) atau 12 nya ya?

    ReplyDelete
  4. Maaf lama tidak update kerena terkendala akun email yang tidak bisa dikses, error pada verifikasi 2 langkah gmail.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungan Anda.
Kalau Anda menyukai Blog ini, tolong tinggalkan komentar yach...